Kamis, 09 Juni 2011

Nyata di dunia maya, tapi maya di dunia nyata..!!

Di era globalisasi ini, kita gak heran dengan namanya teknologi kan guys. Penyebaran informasi, data, komunikasi, jadi serba cepat, bahkan kalo gue pikir malah lebih cepet dari kecepatan pesawat jet. Zaman nenek moyang dulu, untuk mengirim pesan aja butuh waktu yang gak sebentar, apalagi kalo jaraknya makin jauh, mungkin butuh waktu berbulan-bulan untuk menyampaikan pesan kepada orang yang dituju. Kalo pesennya berisi tentang rumah yang kebakaran, tu rumah mungkin udah abis dimakan api duluan kali ya baru kabarnya sampe. Atau kalo isi pesannya tentang kabar kelahiran bayi, pas kabarnya sampe, tu bayi udah bisa tengkurep, udah berjenggot, atau malah tu bayi udah mau punya anak lagi (haha.. *sumpah yang ini lebay abis)..

Zaman sekarang, untuk nyampein berita kayak gitu gak butuh waktu lama lagi. Mau ngabarin ada bayi mau lahiran, bisa lewat telepon, atau kalo mau lebih irit, bisa lewat SMS. Gak perlu khawatir bayinya udah jenggotan atau ubanan saking lamanya tu kabar sampe. Mungkin pesannya sampe balap-balapan sama tu bayi nongol. Apalagi sekarang lagi booming yang namanya INTERNET. Dengan internet, banyak banget cara kita mempermudah komunikasi, mulai dari jejaring social (“buku wajah”, “kicauan”, “empat persegi”, “MeSeN”), email, instant messanging, chatting. Gak perlu sampe seharian nunggu, apalagi harus berbulan-bulan, atau harus nunggu jamuran. Dalam waktu sekian detik aja (kalo jaringan lagi gak error tentunya) informasi bisa langsung sampe, kemanapun itu. Jarak juga bukan masalah sekarang. Jarak, ruang, waktu, juga gak jadi batasan. Mau beda kota kek, beda pulau, beda negara, atau beda dunia (lho..???). Amazing.. memang keren banget peradaban manusia saat ini. Beruntunglah kalian yang bisa hidup di zaman ini.. 

So.. beruntungkah?? Entah emang ini pikiran gue yang lagi kuper, atau lagi primitif. Kemajuan teknologi yang super cepet ini selain menguntungkan, juga menimbulkan banyak banget efek negatif. Teknologi emang memudahkan segalanya menjadi instant, cepet, gak perlu repot-repot. Tapi disamping itu, kadang secara gak langsung malah membuat kita jadi males, gak fokus sama kerjaan, dan yang paling parah adalah menyebabkan orang jadi addicted. Bahkan kalo gue perhatiin, addicted-nya orang terhadap internet lebih besar daripada addicted-nya orang sama narkotika. Bayangin aja, lo pernah gak liat orang ngeganja kemana-mana, sampe lagi mandi atau lagi “pup” pun, dibawa-bawa?? Kayaknya tingkat ketergantungan seseorang terhadap internet emang udah tinggi banget. 
 
Kalo gue perhatiin, emang bener juga sih. Internet emang gak pernah lepas dari tangan, apalagi sekarang akses internet bisa dimana-mana, karena udah banyak gadget yang punya fitur mendukung. Gak tua, gak muda, gak anak gaul, anak alay (gue bingung kenapa sekarang zaman sekarang anak alay ada pengelompokkan sendiri yah), gak tukang parkir, tukang becak, supir angkot, pengamen… sibuk update status, chatting, nyari obat bintitan, atau mungkin ada juga yang nyari nomor togel di google. Well.. internet dimana-mana cuy..

Setelah orang menjadi addicted, biasanya orang menghabiskan hampir seluruh waktu senggang mereka untuk bermain dengan dunia maya. Atau bahkan kalo yang addictednya udah parah, bisa aja mereka menghabiskan waktu seharian berseliweran di dunia maya. Entah untuk chatting, download, upload, browsing ini itu, atau cuma sekedar iseng aja. Sebenernya gak jadi masalah kalo memang dilakukan pada waktu yang wajar. Tapi banyak dari kita yang jadi melepaskan tanggung jawab, kerjaan atau tugas misalnya, gara-gara terlalu asik bermain dan berselancar di dunia maya. Bayangin aja, seorang ibu yang harusnya ngurusin rumah atau anak, bisa juga tega nelantarin dan gak ngurusin anaknya gara-gara sibuk dengan BBMnya. Yang kemudian baru heboh sendiri gara-gara anaknya kecebur panci isi semur jengkol atau masuk ke dalam mesin cuci.  

Kadang kita perlu membatasi diri. Sekarang ini, dunia maya seakan menjadi lebih hidup daripada dunia nyata. Ada sebagian orang yang asik berinteraksi lewat dunia maya, tapi dalam kehidupan nyata, dia menjadi makhluk unsosial dan autis gara-gara terlalu aktif di dunia maya, tapi menjadi jarang berinteraksi dengan orang sekitarnya.. 
 
Terkadang dunia maya membuat kita mendekat dengan mereka yang jauh, dan menjauhkan kita dari mereka yang ada di dekat kita. Sekarang coba dipikirin, melalui dunia maya emang kita jadi banyak nambah temen, entah itu nemuin lagi temen lama, temen masa kecil, atau temen ketemu gara-gara iseng kenalan. Tapi di sisi lain kita juga jadi menjauh dari orang-orang terdekat kita. Intensitas untuk ngobrol bareng keluarga, temen, pacar, secara langsung dalam kehidupan nyata tentunya, pasti jauh berkurang. Let’s see.. ketika kita menjadi addicted, kita jadi terlalu tergantung. Lagi asik ngobrol bareng temen, ada BBM masuk, sibuk balesin BBM, dan akhirnya ngobrolnya jadi gak asik dan gak nyambung sendiri. Lagi nemenin anak belajar, bukannya ngajarin yang bener, malah sibuk sibuk ketawa-ketiwi cekikikan pas baca update status temen kantor di FB. BĂȘte banget kan.. ???

Gue pernah lihat satu poster yang gambarnya anak kecil lagi berdoa.. “Tuhan, semoga pas Papa pulang, baterai BB nya habis. Amien..” Miris banget ngebacanya. Segitunya kah…?? Sampe seorang anak juga berharap kayak gitu karena biasanya gak bisa dapet perhatian dari orang tuanya gara-gara syndrom addicted ini..  
 
Satu hal lagi, gara-gara silaturahmi sama orang, mikirnya pasti “ahh, nanti aja omongin lewat FB, via BBM, via SMS”. Ngucapin met ulang tahun misalnya, atau ngucapin turut berduka cita, selamat Lebaran, atau selamat Natal, jadi lebih mudah tanpa harus ketemu langsung. Sebenarnya gak dilarang juga sih, tapi kan pasti beda banget rasanya ketika diucapin langsung sambil jabat tangan atau pelukan (eits, ini bagi yg muhrimnya aja…) dibandingkan dengan diucapin secara gak langsung lewat perantara. 

O iya, satu lagi.. Kita juga jadi jarang berkunjung untuk nemuin seseorang kalo gak perlu-perlu banget kan. karena silaturahminya sudah cukup terwakili via telepon, sms, BBM, chatting. Bahkan kita juga jadi males walaupun rumahnya gak begitu jauh, cuma beda RT, atau beda beberapa nomor dan gak membutuhkan waktu lama untuk singgah sebentar. Sampai pada akhirnya kita akan menyesal ketika kita tidak akan bisa bertemu dengan orang itu lagi bahkan untuk sekedar menatap wajahnya..
Hmmmm…
Ironis banget kan..???

Gue bukan bermaksud untuk membatasi orang lain untuk tidak menggunakan internet sama sekali. Gue juga mengakui kalo internet emang punya sisi positif yang banyak menguntungkan kita. Tapi sekali lagi gue cuma sekedar ingin mengingatkan supaya waktu yang digunakan masih dalam kategori wajar. Jangan sampai kita kehilangan masa-masa yang seharusnya kita lewatkan dengan orang-orang tersayang kita hanya gara-gara kita terlalu banyak menghabiskan waktu dengan dunia maya. Karena kita gak akan pernah bisa mengulangi waktu yang telah berlari agar kembali lagi. 
So.. moga bermanfaat…  

-aaandaa-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar